Frequently Asked Question

Yang sering mereka tanyakan tentang WeCare.id

Pertanyaan Umum

Wecare.id adalah sebuah wadah penggalangan dana dengan sistem crowdfunding yang difokuskan pada warga Indonesia yang kurang mampu serta dalam keadaan sakit untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang optimal sehingga mereka dapat menjadi individu yang sehat dan produktif seutuhnya.
Kami mengimplementasikan kebijakan 10% Biaya Operasional per-pasien untuk mendukung keberjalanan WeCare.id. Perhitungan biayanya adalah sebagai berikut: Sebagai contoh salah satu pasien membutuhkan Rp 10.000.000,- untuk biaya medisnya. Dari situ kami akan secara otomatis menambahkan 10% dari jumlah tersebut (Rp 1.000.000) sebagai biaya operasional WeCare.id, sehingga total dana yang kita galangkan-kan adalah Rp 11.000.000,- untuk pasien tersebut. Biaya ini sangat diperlukan guna menjaga agar organisasi dapat berjalan dengan baik.
    Dana operasional yang dimaksud kurang lebih akan diperuntukkan untuk pengeluaran per-bulan sebagai berikut:
  • 1. Biaya staff WeCare.id (terdiri dari staff non-medis dan ahli medis)
  • 2. Biaya pemeliharaan server & website
  • 3. Office space (coworking space)
  • 4. Upaya-upaya marketing (publikasi pasien, campaign dll)
  • 5. Biaya-biaya overhead seperti administrasi, & transportasi staff wecare.id selama verifikasi & penanganan pasien berjalan
Sumbangan untuk biaya operasional WeCare.id juga dapat dilakukan secara langsung melalui halaman berikut Bantu Keberlangsungan.
Ya, kami sangat transparan dalam mengelola keuangan kami. Pembukuan finansial kami dapat dilihat di Transparansi

Tentang Pasien

Kami sangat mengapresiasi program jaminan kesehatan nasional yang telah diselenggarakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Keberadaan kami di sini juga untuk mendukung program tersebut dengan sebelumnya mengamati keterbatasan yang masih ada. Di antaranya adalah kesulitan untuk memindahkan pasien dari daerah perifer ke pelayanan kesehatan yang optimal karena adanya keterbatasan biaya transportasi dan akomodasi, juga kebutuhan medis pasien diluar biaya perawatan rumah sakit seperti nutrisi, alat medis (contoh: kursi roda) dan sebagainya. Meskipun terdapat anggaran dari pemerintah untuk iuran kepesertaan BPJS bagi penduduk miskin, hingga saat ini masih banyak penduduk yang membutuhkan pelayanan segera tetapi belum memiliki keanggotaan BPJS. Selain itu, terdapat juga pasien-pasien yang tidak mampu membayar iuran setelah menjadi peserta dikarenakan kondisi ekonomi yang tidak stabil. Kami bertujuan untuk membantu pasien-pasien dengan keterbatasan tersebut.
Para rekan medis kami akan menyeleksi pasien-pasien yang menurut mereka memiliki prognosis/kemungkinan sembuh/sehat yang tinggi sehingga dapat menjalani hidup yang produktif setiap harinya. Untuk saat ini, kami akan memfokuskan program terhadap pasien yang membutuhkan penanganan segera serta kebutuhan medis sesuai dengan kapitasi INA-CBG's.
Selain biaya pelayanan kesehatan di Rumah Sakit (meliputi jasa konsultasi dokter, alat diagnosis, pemeriksaan lab), kami juga memperhitungkan biaya untuk transfer pasien ke pusat kesehatan rujukan, makanan, akomodasi pasien, biaya kontrol berobat, serta pembiayaan premi JKN pasien.
Kami sangat menghargai privasi dari masing-masing pasien dan kami selalu menginformasikan pasien bagaimana cara WeCare.Id bekerja. Kami juga akan mendokumentasikan informed consent pasien yang menyatakan bahwa mereka menyetujui untuk berpartisipasi dalam program serta diceritakannya keadaan mereka dalam wadah kami.
    Selain rekan medis, Anda juga dapat mengajukan pasien melalui website WeCare.id. Untuk mengajukan pasien,ikuti langkah berikut:
  • 1. Kunjungi halaman ‘AJUKAN PASIEN’
  • 2. Klik ‘CATALYST’
  • 3. Isi dan lengkapi ‘FORMULIR KATALIS’
  • 4. WeCare.id akan memproses dan mengubungi Anda
Kami akan selalu mengkomunikasikan dengan tenaga medis yang menangani pasien. Pasien yang kami pilih telah diseleksi oleh tenaga medis yang kompeten yang diperkirakan memiliki angka kesembuhan yang tinggi. Apabila pasien yang didonasikan sedang menjalani terapi, kami akan terus mengupdate donatur mengenai keadaan mereka.
Tenaga Medis yang menjadi penghubung Wecare.id,memiliki kompetensi untuk menangani pasien dengan baik. Seperti yang sebelumnya disampaikan, Wecare.id memilih pasien yang memiliki kemungkinan sembuh yang tinggi. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa pasien dapat meninggal setelah menerima perawatan. Apabila ini terjadi, kami akan melaporkan secara terbuka kepada donatur.

Tentang Donasi

    Untuk memberikan donasi kepada pasien, ikuti langkah berikut:
  • 1. Kunjungi halaman 'BANTU PASIEN'
  • 2. Pilih pasien yang akan dibantu
  • 3. Masukkan nominal donasi yang akan diberikan dan klik ‘DONASIKAN’
  • 4. Bantu kami untuk menjangkau #temanPEDULI dengan klik ‘SHARE DI FACEBOOK’
Setelah pasien tersebut sudah termasuk dalam program kami, kami menyetujui tindakan yang akan dilakukan oleh para tenaga medis untuk segera dilaksanakan.
Kami tetap akan mengumpulkan dana tersebut hingga waktu yang ditentukan. Apabila hingga akhir waktu dana tetap tidak terkumpul dan tindakan medis harus dilakukan, kami akan menggunakan dana dari kas keuangan kami. Karena selain dari crowdfunding, kami juga mencari dana dari sponsor serta rekanan lainnya.
Kami akan dengan transparan melaporkan dana yang terkumpul serta pengeluaran yang sebenarnya. Kami akan perhitungkan kelebihan dana, dan jumlah tersebut akan kami memberikan opsi kepada parah donatur apakah ingin dana tersebut tetap diberikan kepada pasien, atau dikembailkan kepada donatur, atau dimasukkan ke dalam dana #UntukSemua wecare.id yang akan digunakan untuk mendonasikan pasien lain.
Pastikan Anda mengisi isian form Email pada halaman pembayaran. Form ini terdapat di bagian awal form jika Anda membayar via Credit Card, atau berlabel "Kirim instruksi pembayaran ke email Anda?" jika Anda membayar via ATM Transfer.
Untuk memberikan donasi secara rutin, Anda bisa mengikuti program SEHATI yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan medis pasien secara jangka panjang. Untuk informasi lebih lanjut mengenai program SEHATI, kunjungi halaman SEHATI
Kami sangat mendorong para #temanPEDULI untuk menjadi fundraiser bagi pasien-pasien WeCare.id. Berikut cara untuk menjadi fundraiser pasien WeCare.id:
  • 1. Kunjungi halaman pasien yang akan dijadikan target fundraising
  • 2. Klik tombol ‘MENJADI FUNDRAISER’
  • 3. Isi form dengan lengkap dan klik ‘SIMPAN’
  • 4. Kamu bisa mempublikasikan link campaign yang kamu buat di media sosial yang kamu punya

Tentang TemanSehati

Untuk memenuhi kebutuhan medis jangka panjang pasien, WeCare.id menginisiasi program SEHATI. Calon donatur dapat menjadi donatur tetap bagi para pasien WeCare.id dengan menjadi #temanSEHATI. Selain memberikan donasi tetap setiap bulannya, #temanSEHATI juga akan mendapatkan berbagain manfaat untuk menjaga kesehatannya seperti kunjungan dokter gratis.
  • 1. Kunjungi halaman SEHATI
  • 2. Isi form pendaftaran dengan lengkap
  • 3. Tunggu konfirmasi dari tim WeCare.id
Ya, bisa! Nilai kontribusi yang kami cantumkan di halaman SEHATI adalah nilai kontribusi minimum untuk menjadi member program SEHATI. Nilai kontribusi lebih yang diberikan oleh #temanSEHATI akan digunakan untuk membantu pasien WeCare.id.

Hit Enter to search. Hit Esc to exit